Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Pengumuman

Pengumuman Penting

    • 2019-04-16 : Penyesuaian Jadwal Kegiatan SMM dan SBM
    • 2019-04-06 : Penyesuaian Jadwal Kegiatan SMM
    • 2019-04-04 : Pembukaan Pendaftaran Program Kelas Internasional Advance Diploma MTB
    • 2019-03-27 : Informasi Perubahan Jadwal Registrasi Ulang Lulusan Tahap 2 Seleksi Bersama Masuk (SBM). klik disini
    • 2019-03-11 : Informasi Jadwal Seleksi Bersama Masuk (SBM). klik disini
    • 2019-02-19 : Informasi Program Studi
    • 2019-02-04 : Mulai Pendaftaran SMM Program D3, D4, S1, Lanjutan ADH & Pascasarjana
    • 2019-02-02 : Informasi Jadwal Kegiatan dan Persyaratan D3, D4, S1, Lanjutan ADH & Pascasarjana

Persyaratan Penerimaan

Persyaratan berlaku bagi peserta Seleksi Mandiri (SMM) dan/atau Seleksi Bersama (SBM) STP Bandung

KELENGKAPAN ADMINISTRASI MAHASISWA BARU (Program Diploma dan S1)

Syarat ini dibawa pada saat Daftar Ulang setelah dinyatakan Lulus Seleksi :

  1. Fotocopy Ijazah SMU/SMK/MA atau SLTA sederajat yang telah dilegalisir (sebelum ijazah keluar dapat mempergunakan Surat Kelulusan / SKHUN dari Sekolah). Bagi pemilik ijazah luar negeri harus mendapat kesetaraan dari DIKTI.
  2. Fotocopy KARTU KELUARGA dan KTP (jika belum mempunyai KTP, cukup KARTU KELUARGA).
  3. Pas photo berwarna terbaru 5 (lima) buah berukuran 3 X 4 cm dengan latar belakang merah.

SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN KELAS KELAS INTERNASIONAL

Kelas Internasional Advance Diploma hanya dibuka untuk Program Studi Manajemen Tata Boga (MTB).

Syarat Kelengkapan Administrasi setelah dinyatakan diterima, sama dengan Syarat Kelengkapan Administrasi Program Diploma dan S1
Syarat Pendaftaran, menyerahkan Surat Pernyataan kesanggupan mengikuti program kelas internasional yang ditandatangani di atas materai oleh Orang Tua dan Peserta yang diserahkan pada saat pelaksanaan Tes Seleksi CBT.
Download Surat Pernyataan >> klik disini

SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN MAHASISWA LANJUTAN (Program D4-ADH)

Program Lanjutan Administrasi Hotel diperuntukan bagi Lulusan D3 perhotelan.

Syarat ini dibawa pada saat pelaksanaan Ujian :

  1. Fotocopy Ijazah dan Transkrip nilai D3 Perhotelan yang telah dilegalisir, bagi pemilik ijasah dari luar negeri harus sudah mendapatkan kesetaraan dari DIKTI.
  2. Fotocopy KTP dan KARTU KELUARGA
  3. Pas photo berwarna 3 (tiga) buah berukuran 3 X 4 cm (bukan foto instant).
  4. Kertas kerja (sesuai dengan petunjuk penulisan yang telah ditetapkan Panitia), Download.
  5. Surat Keterangan Kerja Minimal 10 bulan.

SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN MAHASISWA PASCASARJANA/ Magister Pariwisata

Syarat ini dibawa pada saat Pelaksaan Tes Seleksi :

  1. 2 (dua) lembar fotocopy Ijazah S1 / D4 dari PTN atau PTS / Akademi / Politeknik yang terakreditasi dan telah dilegalisir, bagi pemilik ijasah dari luar negeri harus sudah mendapatkan kesetaraan dari DIKTI.
  2. 2 (dua) lembar fotocopy Transkrip Nilai yang dilegalisir
  3. Bagi Angkatan S1 / D4 Tahun 2012 keatas, mahasiswa harus terdaftar pada PDDIKTI (Pangkalan Data DIKTI)
  4. 2 (dua) lembar fotocopy KTP & Kartu Keluarga.
  5. Pas photo berwarna 6 (enam) buah berukuran 3 X 4 cm (bukan foto instant) dengan background biru.

Syarat ini diserahkan setelah dinyatakan Lulus Seleksi :

  1. Surat referensi dari 2 (dua) orang akademisi. download disini
  2. Menyerahkan hasil tes TOEFL yang masih berlaku, minimal 450.

SMMPTNP & SBMPTNP

Untuk mendaftar dan mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru pada Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, dapat melalui Jalur Seleksi Mandiri dan/atau Seleksi Bersama.

Apa itu Seleksi Mandiri (SMM) dan Seleksi Bersama (SBM) :

Calon peserta seleksi dapat mendaftar di kedua sistem tersebut.

  • Pendaftaran melalui Seleksi BERSAMA klik disini
  • Pendaftaran melalui Seleksi MANDIRI klik disini


Pertanyaan Umum

1 Tentang Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

1. Apakah STP Bandung itu Negeri atau Swasta ?
STP Bandung berstatus Negeri, dibawah Kementerian Pariwisata.
Informasi tentang STP Bandung, dapat dilihat disini

2. Apakah STP Bandung bersifat Ikatan Dinas ?
STP Bandung bukan perguruan tinggi Ikatan Dinas.

3. Apa Perbedaan STP Bandung dengan STP NHI Bandung ?
STP Bandung dahulu dikenal dengan nama NHI (baca : enHaii), seiring dengan perkembangan pendidikan dan peningkatan status, maka NHI (National Hotel Institute) berubah menjadi STP Bandung.
Mulai tahun 2017, nama NHI dipakai kembali sebagai sebutan nama menjadi STP NHI Bandung, sehingga STP Bandung dengan STP NHI Bandung adalah sama.

2 Tentang SBMPTNP & SMMPTNP

1. Apa yang dimaksud dengan SMMPTNP(Mandiri) STPB dan SBMPTNP (Bersama) ?

Informasi lengkap dapat dilihat disini.

2. Apakah saya dapat mendaftar di SMM & SBM ?
Anda dapat mendaftar dan mengikuti seleksi pada 2(dua) sistem seleksi tersebut.

3. Apakah ada perbedaan biaya antara SMM & SBM ?
Tidak ada perbedaan biaya antara SMM & SBM, baik pendaftaran maupun biaya pendidikan.

4. Jadi, apa yag membedakan antara SMM & SBM ?
Pada SMM anda hanya dapat memilih program studi yang berada di STP Bandung, tetapi pada SBM anda dapat memilih program studi dengan berbeda Perguruan Tinggi Pariwisata (STP Bandung, STP Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makassar, Poltekpar Palembang atau Poltekpar Lombok).
Misal, Pil1 Tata Hidangan di STP Bandung, Pil2 Tata Hidangan di STP Bali dan Pil3 Divisi Kamar di Poltekpar Medan.
Selain itu adalah lokasi ujian/lokasi seleksi, anda dapat menentukan sendiri lokasi ujian/lokasi seleksi yang lebih dekat dengan kota anda antara Bandung, Bali, Medan, palembang, Makassar atau Lombok.

5. Bagaimana Cara Mendaftar Ke SMM & SBM ?
Pendaftaran SMM dapat dilihat penjelasannya pada menu "Biaya dan Prosedur Pendaftaran".
Pendaftaran SBM dapat dilihat pada website SBMPTP atau klik disini

3 Tentang Pendaftaran dan Pembayaran SMM (Mandiri)

1. Bagaimana Mendaftar ke SMM ?
Pendaftaran SMM dapat dilihat penjelasannya pada menu "Prosedur Pendaftaran" atau klik disini

2. Pembayaran Biaya Pendaftaran di Bank BRI, apakah tidak perlu No. Rekening ?
Pembayaran biaya pendaftaran di Bank BRI baik untuk SMM maupun SBM TIDAK PERLU MENULISKAN No. Rekening, karena sudah terdapat pada Aplikasi Portal BRI. silahkan ikuti cara pengisian Slip Penyetoran pada Surat Tanda Bukti Registrasi Awal (STBRA) atau Prosedur Pendaftaran. Lampiran untuk TELLER Bank terdapat pada bagian bawah STBRA (Surat Tanda Bukti Registrasi Awal)

4 Tentang Pengisian Formulir

1. Bagaimana Cara Mengisi Formulir Pendaftaran ?
Pilih Menu "Sign In", lalu isikan No. Pendaftaran dan Password yang terdapat pada Bukti Pembayaran dari BRI.

2. Apa yang harus dilakukan jika tidak dapat login ?
Silahkan periksa No. Pendaftaran dan password yang terdapat pada Bukti Pembayaran.

Jika login tidak berhasil, silahkan kirim email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan mencantumkan :

  • Nama Lengkap :
  • No. Pendaftaran :
  • Password yang terbaca pada Bukti Pembayaran :

3. Bagaimana jika Kartu Peserta Seleksi tidak tampil ?
Biasanya karena setting browser "mem-blok" tampilan otomatis, atau browser langsung men-download file secara otomatis, silahkan diperiksa file baru pada folder Download, jika kesulitan, silahkan kirim email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan mencantumkan :

  • Nama lengkap :
  • Tanggal Lahir :
  • No. pendaftaran :
  • No. Seleksi :

Segera akan kami kirim.

5 Tentang Pelaksanaan Tes Seleksi

1. Adakah aturan pada pakaian yang dipakai pada saat tes seleksi ?
Pakaian pada saat pelaksanaan ujian adalah Bebas tetapi Rapi dan Sopan, artinya tidak memakai celana pendek dan/atau sandal.
Pakaian pada saat jadwal Pemeriksaan Kesehatan sebaiknya memakai TSHIRT & Celana Longgar (untuk memudahkan pemeriksaan), tidak memakai perhiasan/kalung.

2. Apa yang harus dibawa pada saat pelaksanaan tes seleksi ?
Yang WAJIB dibawa pada saat pelaksanaan tes seleksi adalah Kartu Peserta Seleksi dan Kartu Identitas (KTP/Kartu Siswa/Kartu Pelajar), serta Bukti Bayar Pemeriksaan Kesehatan, selain itu adalah peralatan tulis, yaitu : Pinsil HB & 2B, Ballpoint tinta hitam, Spidol 'snowman' kecil tinta hitam, penghapus pinsil & cair serta alas untuk menulis.

6 Tentang Kelas Internasional

Penjelasan mengenai Kelas Internasional, silahkan klik disini.

More Articles...

  1. Cara Pendaftaran