Terdiri dari Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP) | Manajemen Bisnis Konvensi (MBK) | Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP) dan Studi Industri Pariwisata (SIP)
Studi Industri Perjalanan (SIP) - S1
Program Strata-1 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan deseminasi dibidang Industri Perjalanan dengan segala implikasinya. Profil Lulusan : Peneliti, Akademisi, Birokrat, Teknokrat dan Konsultan dalam bidang Industri Perjalanan Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 145 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)
Tujuan : > Mengembangkan pariwisata sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan. > Mengembangkan program pendidikan S-1 yang memiliki kekhasan kajian dan kompetensi cabang organisasi perjalanan yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjawab kebutuhan pasar.
Sasaran : > Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang organisasi perjalanan dalam konteks industri perjalanan wisata. > Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan pengelolaan poduk wisata & pelayanan, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk pariwisata, dan tata kelola operasi kepariwisataan dalam pembangunan pariwisata (tingkat lokal, regional dan nasional) dengan mengacu pada konsep pembangunan berkelanjutan di industri perjalanan. > Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan pariwisata yang bersifat dinamis dan multi dimensi di industri perjalanan. > Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan pariwisata melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.
Kompetensi : > Bertindak dan berprilaku sesuai dengan nilai dan etika bangsa indonesia. > Memiliki kemampuan berfikir kritis dalam menemukenali permasalahan di industri perjalanan wisata. > Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang pariwisata khususnya Industri Perjalanan Wisata. > Memiliki kemampuan menelaah filsafat ilmu pariwisata, khususnya industri perjalanan wisata. > Memiliki kemampuan menguraikan sistem industri perjalanan wisata. > Memiliki kemampuan memecahkan permasalahan di industri perjalanan wisata melalui analisis kreatif. > Memiliki kemampuan menerapkan nilai-nilai organisasi industri perjalanan wisata > Memiliki kemampuan bertindak dan berprilaku sesuai etika bisnis industri perjalanan wisata. > Memiliki kemampuan menyusun konsepsi strategis Industri Perjalanan Wisata. > Memiliki kemampuan merencanakan, menyusun, dan memantau pelaksanaan yang terkait dengan kebijakan bidang Industri Perjalanan Wisata. > Memiliki kemampuan mengevaluasi aspek pengelolaan dan tata kerja Industri Perjalanan Wisata. > Memiliki kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa asing.
Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP) - D4
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha pada bagian retail perjalanan wisata. Profil Lulusan : Manager/Travel Manager, Travel Agent Consultant, Ticketing Manager, Reservation Manager, Travel Accountant Manager and Travel Advisor. Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 144 -160 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (SST.Par).
Kompetensi : > Melaksanakan analisis keuangan, investasi & biaya usaha jasa pariwisata > Melaksanakan perencanaan bisnis usaha jasa perjalanan > Merencanakan dan melaksanakan disain sistem kebijakan usaha jasa pariwisata > Menyusun pengembangan diversifikasi produk wisata, model dan sistem/pola perjalanan bisnis & wisata
Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP) - D4
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha pada bagian pengaturan perjalanan wisata. Profil Lulusan : Tour Operator/Wholesaler Manager, Travel Planner, Product Manager, Credit Manager, Tour Leader/Tour Guide and Sales and Marketing Manager. Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 144-160 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (SST. Par).
Kompetensi : > Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan suatu pengaturan perjalanan wisata > Mampu memandu dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa asing lainnya (Inggris, Jepang / Perancis dan Mandarin) > Mampu menginterpretasikan objek kunjungan wisata (ODTW) > Mampu memimpin suatu tur atau produk perjalanan khusus > Mampu berkomunikasi dengan baik selaras dengan aturan dan budaya yang ada > Mampu menjual beragam produk perjalanan wisata > Mampu memahami dan melaksanakan aturan, etika dan protokoler.
Manajemen Bisnis Konvensi (MBK) - D4
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha pada bagian MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) dan Manajemen Event. Profil Lulusan : MICE/Event Manager, PCO Manager, PEO Manager dan Venue Manager. Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 144-160 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sain Terapan Pariwisata (SST.Par).
Kompetensi : > Mampu menggagas, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluadi suatu event MICE > Mampu menyusun dokumen suatu event MICE > Mampu menghitung anggaran suatu event MICE > Mampu membuat multiflier effect suatu event MICE > Mampu melakukan kegiatan pemasaran dan promosi suatu event MICE > Mampu melakukan negoisasi dan contract dengan para supplier dalam suatu event MICE > Mampu menilai kelayakan suatu lokasi dan venue suatu event MICE > Mampu mengurus perijinan suatu event MICE > Mampu membuat layout dan dekorasi suatu event MICE > Mampu mendirikan suatu usaha di bidang MICE berupa PCO, PEO, MP dan IH
|