Thursday 24 Nov 2011
 
You are here: Home
Jurusan Perjalanan

Terdiri dari Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP) | Manajemen Bisnis Konvensi (MBK) | Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP) dan Studi Industri Pariwisata (SIP)

Studi Industri Perjalanan (SIP) - S1

Program Strata-1 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan deseminasi dibidang Industri Perjalanan dengan segala implikasinya.
Profil Lulusan : Peneliti, Akademisi, Birokrat, Teknokrat dan Konsultan dalam bidang Industri Perjalanan
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 145 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)

Tujuan :
> Mengembangkan pariwisata sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan.
> Mengembangkan program pendidikan S-1 yang memiliki kekhasan kajian dan kompetensi cabang organisasi perjalanan yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjawab kebutuhan pasar.

Sasaran :
> Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang organisasi perjalanan dalam konteks industri perjalanan wisata.
> Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan pengelolaan poduk wisata & pelayanan, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk pariwisata, dan tata kelola operasi kepariwisataan dalam pembangunan pariwisata (tingkat lokal, regional dan nasional) dengan mengacu pada konsep pembangunan berkelanjutan di industri perjalanan.
> Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan pariwisata yang bersifat dinamis dan multi dimensi di industri perjalanan.
> Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan pariwisata melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.

Kompetensi :
> Bertindak dan berprilaku sesuai dengan nilai dan etika bangsa indonesia.
> Memiliki kemampuan berfikir kritis dalam menemukenali permasalahan di industri perjalanan wisata.
> Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang pariwisata khususnya Industri Perjalanan Wisata.
> Memiliki kemampuan menelaah filsafat ilmu pariwisata, khususnya industri perjalanan wisata.
> Memiliki kemampuan menguraikan sistem industri perjalanan wisata.
> Memiliki kemampuan memecahkan permasalahan di industri perjalanan wisata melalui analisis kreatif.
> Memiliki kemampuan menerapkan nilai-nilai organisasi industri perjalanan wisata
> Memiliki kemampuan bertindak dan berprilaku sesuai etika bisnis industri perjalanan wisata.
> Memiliki kemampuan menyusun konsepsi strategis Industri Perjalanan Wisata.
> Memiliki kemampuan merencanakan, menyusun, dan memantau pelaksanaan yang terkait dengan kebijakan bidang Industri Perjalanan Wisata.
> Memiliki kemampuan mengevaluasi aspek pengelolaan dan tata kerja Industri Perjalanan Wisata.
> Memiliki kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa asing.

Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP) - D4

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha pada bagian retail perjalanan wisata.
Profil Lulusan : Manager/Travel Manager, Travel Agent Consultant, Ticketing Manager, Reservation Manager, Travel Accountant Manager and Travel Advisor.
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 144 -160 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (SST.Par).

Kompetensi :
> Melaksanakan analisis keuangan, investasi & biaya usaha jasa pariwisata
> Melaksanakan perencanaan bisnis usaha jasa perjalanan
> Merencanakan dan melaksanakan disain sistem kebijakan usaha jasa pariwisata
> Menyusun pengembangan diversifikasi produk wisata, model dan sistem/pola perjalanan bisnis & wisata

Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP) - D4

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha pada bagian pengaturan perjalanan wisata.
Profil Lulusan : Tour Operator/Wholesaler Manager, Travel Planner, Product Manager, Credit Manager, Tour Leader/Tour Guide and Sales and Marketing Manager.
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 144-160 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (SST. Par).

Kompetensi :
> Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan suatu pengaturan perjalanan wisata
> Mampu memandu dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa asing lainnya (Inggris, Jepang / Perancis dan Mandarin)
> Mampu menginterpretasikan objek kunjungan wisata (ODTW)
> Mampu memimpin suatu tur atau produk perjalanan khusus
> Mampu berkomunikasi dengan baik selaras dengan aturan dan budaya yang ada
> Mampu menjual beragam produk perjalanan wisata
> Mampu memahami dan melaksanakan aturan, etika dan protokoler.

Manajemen Bisnis Konvensi (MBK) - D4

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha pada bagian MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) dan Manajemen Event.
Profil Lulusan : MICE/Event Manager, PCO Manager, PEO Manager dan Venue Manager.
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 144-160 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sain Terapan Pariwisata (SST.Par).

Kompetensi :
> Mampu menggagas, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluadi suatu event MICE
> Mampu menyusun dokumen suatu event MICE
> Mampu menghitung anggaran suatu event MICE
> Mampu membuat multiflier effect suatu event MICE
> Mampu melakukan kegiatan pemasaran dan promosi suatu event MICE
> Mampu melakukan negoisasi dan contract dengan para supplier dalam suatu event MICE
> Mampu menilai kelayakan suatu lokasi dan venue suatu event MICE
> Mampu mengurus perijinan suatu event MICE
> Mampu membuat layout dan dekorasi suatu event MICE
> Mampu mendirikan suatu usaha di bidang MICE berupa PCO, PEO, MP dan IH