Program Studi

Jurusan KEPARIWISATAAN

S1 - Studi Destinasi Pariwisata (SDP)

Program Strata-1 ini dirancang untuk menghasilkan ahli-ahli pariwisata yang memiliki penguasaan secara konseptual terhadap aspek-aspek kebijakan dan pengelolaan Pariwisata.

Akreditasi - A | Lama Perkuliahan : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 145 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)

Profil Lulusan : Pengajar/Dosen, Tenaga Ahli pada Institusi/Instansi Kepariwisataan

Kompetensi :

  • Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang kebijakan pembangunan pariwisata dalam konteks destinasi pariwisata.
  • Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan pengelolaan produk wisata & pelayanan, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk pariwisata, dan tata kelola operasi kepariwisataan dalam pembangunan berkelanjutan destinasi pariwisata.
  • Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan serta kendala kompleksitas pariwisata yang bersifat dinamis dan multi dimensi disuatu destinasi pariwisata.
  • Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan pariwisata melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.

 

D4 - Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP)

Akreditasi - A | Lama Perkuliahan : 8 Semester (4-7 Tahun) | Beban Studi : 155 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par)

Profil Lulusan :

Spesialis Perencana dan Pemasar Destinasi pada tingkat kawasan dan tapak pariwisata

  • Tenaga promosi dan pemasar destinasi pada tingkat kawasan dan tapak;
  • Tenaga perencana dan peneliti destinasi pada tingkat kawasan dan tapak;
  • Tenaga perancang produk destinasi pada tingkat kawasan dan tapak;
  • Tenaga perancang jejaring destinasi pada tingkat kawasan dan tapak;

Tenaga Ahli muda di Konsultan Pariwisata

  • Tenaga Ahli Muda Konsultan di bidang promosi dan pemasar destinasi;
  • Tenaga Ahli Muda Konsultan di bidang perencana dan peneliti destinasi;
  • Tenaga Ahli Muda Konsultan di bidang perancang produk destinasi;
  • Tenaga Ahli Muda Konsultan di bidang perancang jejaring destinasi;

Deskripsi Prodi

Jenjang Diploma 4 Program Studi Manajemen Destinasi Pariwisata merupakan prodi yang menghasilkan Sumber Daya Manusia Profesional dengan bidang keahlian Kebijakan, Perencanaan dan Pemasaran Destinasi Pariwisata pada  tingkat Regional, Nasional dan Internasional. Program ini memiliki keseimbangan antara pembelajaran teori dan praktik, sehingga lulusan memiliki kemampuan teknis maupun konseptual dalam pengelolaan destinasi pariwisata.

Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran 

Menguasai secara mendalam konsep teoritis fungsi manajemen perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, pengendalian dalam pembangunan destinasi pariwisata, Menguasai secara mendalam teknik analisis Menguasi pengetahuan faktual tentang struktur, hirarki dokumen perencanaan destinasi pariwisata. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi potensi sebagai destinasi pariwisata skala kawasan dengan menggunakan prinsip-prinsip “destinasi pariwisata yang berkelanjutan dan bertanggungjawab” dan memenuhi kaidah kesesuaian nilai produk dan pasar. Mampu menganalisis dampak kegiatan pariwisata skala tapak dari aspek ekologi, ekonomi, budaya sesuai dengan prinsip pariwisata berkelanjutan.

Profil Alumni               

  1. Asad Faraq, M.Par (Pekerjaan : Konsultan Pariwisata dan Tenaga Ahli Bidang Pariwisata)
  2. Rama Adhitya, S. ST. Par (CEO Event Organizer PT. Adhitama)
  3. Ghilman Hafidzat Ghani Yusra, S. ST. par (Instruktur Diving, Bali Scuba)

 

D4 - Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW)

Akreditasi - A | Lama Perkuliahan : 8 Semester (4-7 Tahun) | Beban Studi : 155 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par)

Posisi/Bidang Pekerjaan :

  1. Pada Bisnis Hiburan & Rekreasi (Resort, Amusement/Theme Park & Tourist Attractions) :
    • Leisure/Recreation Planner
    • Wellness & Visitor Club Instructor/Facilitator
    • Guest Services Relation
    • Visitor Activity Programmer
    • Visitor Attraction & Facilities Designer 
    • Business Development Analyst
    • Marketing & Communication
  2. Pada Bidang Konsultan Bisnis Hiburan & Rekreasi :
    • Resort, Amusement/Theme Park & Visitor Recreation Specialist 
  3. Wirausaha Bisnis Hiburan & Rekreasi :

Kompetensi :

  1. Mengelola Semua Program Aktivitas dan Layanan Pengunjung Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
  2. Merancang Desain Fasilitas dan Atraksi Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
  3. Mengelola Pemasaran dan Penjualan Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
  4. Mengelola Organisasi Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
  5. Mengelola Operasional dan Risiko Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
  6. Mengelola Keuangan Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
  7. Mengelola Kewirausahaan Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi

Deskripsi Prodi

Program studi Pengelolaan Usaha Rekreasi (Leisure & Recreation Management) merupakan pembaruan dari program studi sebelumnya; Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW). Program studi ini menitikberatkan pada pengelolaan kegiatan hiburan dan rekreasi di Resort berstandar internasional dan di tempat wisata terkenal lainnya. Materi perkuliahan akan banyak membahas aspek pengelolaan kegiatan hiburan dan rekreasi di Resorts dengan mengacu pada standar pengelolaan resort internasional (The Palm Resort, Club Med, Bvlgari, Fairmont, Nihiwatu Sumba, dll), tempat-tempat wisata bertema alam, budaya dan buatan (City Park, Amusement Park dan Themepark berstandar internasional seperti Universal Island, Disneyland, Sentosa Island, Seaworld Park, Lego Land, dll). Selain itu,pengelolaan kegiatanrekreasi yang terkait dengan olah tubuh dan kebugaran (Sport Recreation & Wellness seperti Gym, Spa dan Sport Club), pengelolaankegiatanrekreasi air(Water Based Recreation seperti Rafting, Diving, Snorkeling, Jet Board, dll). Program diploma ini ditempuama 8 (delapan) semester dengan komposisi perkuliahan teori dan praktik berupa magang mingguan (apprenticeship) di tempat-tempat wisata terkenal dan studi lapang (field trip) hampir di setiap semesternya.

Profil Alumni 

  1. Monika M. G. Sebayang (Batch 2006), Job Position : Business Development Manager, Topotels Hotels and Resorts
  2. RR. Astrid Adiyanti P. (Batch 2010), Job Position : Visitor Activities Coordinator, Fairmont Sanur Beach Hotel & Resort
  3. Faisal Rachman (Batch 2011), Job Position : Guest Services Supervisor, Montigo Resort Nongsa
  4. Aldrine Septian (Batch 2010), Job Position : Personnel Cordinator Supervisor, Montigo Resort Nongsa
  5. Dwiky Agusetiawan. (Batch 2011), Job Position : Professional Conference Organizer,  PT. Heliz Pratama

 

Jurusan HOSPITALITI

S1 - Studi Akomodasi & Katering (SAK)

Program Strata-1 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan deseminasi dibidang Akomodasi dan Katering dengan segala implikasinya.

Akreditasi - A | Lama Perkuliahan : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 150 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)

Profil Lulusan :

  1. Birokrat di  bidang industri pariwisata;
  2. Teknokrat/perancang bangun dalam pembangunan pariwisata di bidang hospitalitas;
  3. Konsultan pariwisata industri dan bisnis hospitalitas;
  4. Administrator industri dan bisnis hospitalitas
  5. Entrepreneur industri dan bisnis hospitalitas
  6. Peneliti industri dan bisnis hospitalitas
  7. Akademisi pariwisata industri dan bisnis hospitalitas

Visi

Menjadi Program Studi Akomodasi & Katering terkemuka di Indonesia yang tetap berkepribadian Indonesia

Misi

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di bidang pariwisata khususnya Studi Akomodasi dan Katering melalui pengembangan kapasitas belajar
  2. Meningkatkan kualitas dan ragam penelitian untuk pengembangan keilmuan dan teknologi kepariwisataan, khususnya Studi Akomodasi dan Katering berbasis kearifan lokal
  3. Meningkatkan kapasitas aplikasi keilmuan pariwisata khususnya Studi Akomodasi dan Katering melalui pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Memposisikan diri sebagai agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan      kepariwisataan nasional khususnya bidang studi akomodasi dan katering.
  5. Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi kepariwisataan khususnya bidang akomodasi dan katering di Indonesia

Tujuan

  • Mengembangkan Akomodasi dan Katering sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan.
  • Mengembangkan program pendidikan S-1 yang memiliki kekhasan kajian dan kompetensi jasa pariwisata yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjawab kebutuhan pasar.

Sasaran

  • Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang jasa pariwisata dalam konteks Akomodasi & Katering.
  • Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan tata kelola jasa pariwisata, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk akomodasi & katering, dan tata kelola dalam pembangunan jasa pariwisata. 
  • Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan akomodasi & katering yang bersifat dinamis dan multi dimensi di jasa pariwisata.
  • Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan akomodasi & katering melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.

Kompetensi

  • Merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang Akomodasi & Katering.
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis, analisis kreatif, dan memecahkan permasalahan
  • Mampu mengevaluasi aspek tata kelola dan tata kerja perencanaan dan pengembangan usaha akomodasi dan katering
  • Mampu menganalisa kebutuhan pasar dan membandingkannya dengan kapasitas internal dalam merencanakan pola investasi di bidang akomodasi dan katering.
  • Mampu merumuskan perencanaan dan melaksanakan penelitian di bidang usaha akomodasi dan katering
  • Mampu menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan memiliki kemamuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa asing.

 

D4 - Administrasi Hotel (ADH)

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha perhotelan.
Profil Lulusan : Operational Manager.
Akreditasi - A | Waktu Studi : 8 Semester (4 tahun) | Beban Studi : 154 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).

Deskripsi Prodi

Program Studi Administrasi Hotel sebagai salah satu program studi unggulan yang menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang pengelolaan perhotelan yang berkualitas, bekerja cerdas, menguasai pengetahuan, cakap dalam keterampilan, penguasaan teknologi dan mempunyai networking, serta berkepribadian budaya bangsa agar mampu berkompetisi di era global.

Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran

Mahasiswa memiliki tata nilai dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai hospitaliti (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian) didukung dengan keterampilan umum dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dan konsep teoritis pariwisata dan manajemen usaha perhotelan secara mendalam dan secara mandiri dapat mengelola kegiatan operasional hotel (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel).

Kompetensi 

  • Menganalisis Rencana Kebutuhan Hotel
  • Marencanakan Prinsip-prinsip Pengelolaan Hotel
  • Menilai Sumber Dana & Pemanfaatannya bagi Hotel
  • Mengadaptasi Sistem Akuntansi & Pengendalian untuk Kepentingan Sistem Informasi Hotel

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:

  1. Pengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil

  2. Penyelia bagian sumber daya manusia
  3. Penyelia Akuntansi dan keuangan hotel

  4. Penyelia Penjualan dan Pemasaran

  5. Asisten Manajer Revenue

  6. Akademisi/Instruktur Laboratorium praktik perhotelan
  7. Aparatur Sipil Negara

Profil Alumni

  1. Deddi Setiadi, S.ST.Par (President Director Jayakarta Hotel & Resort Indonesia)
  2. Dewi Intan Mustikawati, S.ST.Par  (General Manager V Hotel Pasteur)
  3. Yudha Permana, S.ST.Par (Director and Owner Global Online Management)

 

D3 - Manajemen Divisi Kamar (MDK)

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi operasional pada bagian Divisi Kamar.
Profil Lulusan : Housekeeping Supervisor dan Front Office Supervisor
Akreditasi -A | Waktu Studi : 6 Semester (3-5 tahun) | Beban Studi : 117 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Program Studi MDK memiliki Visi, Misi, dan Tujuan  sebagai berikut :

VISI 

Menjadi Program Studi Divisi Kamar terkemuka di dunia yang tetap berkpribadian Indonesia

MISI

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di bidang divisi kamar melalui pengembangan kapasitas belajar
  2. Meningkatkan kualitas dan ragam penelitian untuk pengembangan keilmuan dan teknologi  divisi kamar
  3. Meningkatkan kapasitas aplikasi keilmuan divisi kamar melalui pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  4. Memposisikan diri sebagai agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan kepariwisataan khususunya divisi kamar nasional
  5. Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi kepariwisataan khususunya bidang divisi kamar Indonesia

TUJUAN

Peningkatan kapasitas dan profesionalisme SDM pariwisata dan ekonomi kreatif

Deskripsi Umum Capaian

Program Studi Manajemen Divisi Kamar adalah program studi vokasi yang menghasilkan alumni yang mampu menjadi supervisor dalam bidang Room Division khususnya Front Office dan Housekeeping. Lulusan Program Studi Manajemen Divisi Kamar diharapkan mampu memberikan pelayanan prima dengan standar hotel bintang 5 di bidang Front Office dan Housekeeping. Serta mampu untuk merencanakan, mengimplementasikan, mengevaluasi serta memberikan pengawasan terhadap operasional Front Office dan Housekeeping sesuai dengan standar hotel bintang 5.

Pembelajaran

Program studi MDK menggunakan kurikulum tahun 2014 dengan jumlah 48 mata kuliah yang terdiri dari :

  • 4 Mata Kuliah Wajib Umum
  • 18 Mata Kuliah Wajib Prodi Kemampuan Kerja Umum
  • 26 Mata Kuliah Wajib Prodi Kemampuan Kerja Khusus

Kegiatan Pembelajaran dilakukan dengan 50 % Teori di dalam kelas dan 50% Praktik di Laboratorium Front Office dan laboratorium Housekeeping.

Kompetensi

  • Menangani pemesanan kamar, kedatangan dan keberangkatan tamu.
  • Menangani informasi, surat menyurat, pesanan dan barang tamu
  • Menangani pelayanan telepon, faksimili, surat dan internet
  • Menangani pembayaran rekening tamu
  • Merencanakan dan menyelenggarakan MICE
  • Menangani administrasi operasional Divisi Kamar
  • Menyiapkan kamar dan membersihkan ruang hotel lainnya
  • Menangani pelayanan "butler".

Profil Lulusan

  1. Room Division Supervisor
  2. Front Office Supervisor
  3. Housekeeping Supervisor
  4. Laundry SupervisorEntrepreneur

Profil Alumni

      1. Tantowi Yahya, sebagai :

  • Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa, dan kerajaan Tonga 2017 – 2020
  • Anggota DPR RI 2014 – 2019
  • Penyanyi
  • Pengusaha

     2. Francis Dehnhardt, sebagai :

  • Country CEO Indonesia Global Capital Hotels 2016
  • Executive Vice President of Hotel Division 2013 – 2016
  • Director of Aero Hotel Management 2013 – 2015
  • General Manager of Prama sanur Beach Hotel Bali 2011 - 2013

     3. Erick Herlangga, sebagai :

  • Vice President Business Development Louvre Hotels Group 2015 – sekarang
  • Vice President Louvre Hotels Group 2014 – 2015
  • Regional Director Operations & Development Luvre Hotels Group 2011 – 2013
  • Assistant Director Group Operations Hotel CT Corp 2009 - 2011

 

D3 - Manajemen Tata Hidang (MTH)

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian penyajian makan dan minuman
Profil Lulusan : Restaurant Supervisor / Head Waiter dan Bartender
Akreditasi - A | Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 114 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Deskripsi Prodi

Program Studi Tata Hidang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bekerja pada usaha bagian makanan dan minuman, khususnya dibidang pelayanan.

Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran

Mampu merancang, merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi operasional bidang makanan dan minuman, serta mampu mengaplikasikan pelayanan prima dan komunikasi pelayanan dibidang makanan dan minuman.

Visi

Menjadi program studi unggulan menghasilkan tenaga professional di bidang Tata Hidangan, memliki keunggulan kompetitif dalam memenuhi standar internasional.

Misi

Menyelenggarakan program pendidikan yang dapat menghasilkan tenaga professional di bidang Tata Hidangan, bermutu andal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha/industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya agar mampu berkompetisi di era global.

Tujuan Pendidikan

Menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang Tata Hidangan.

Kompetensi Lulusan

  1. Kompetensi Utama
    1. Mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme.
    2. Menerapkan nilai-nilai sikap dan etika profesi.
    3. Pengetahuan dan kemampuan di bidang Perhotelan seperti: Tata Hidangan Makanan dan Minuman, Manajemen Hotel serta Bahasa Inggris Profesi. dalam pengembangan serta penerapannya.
    4. Sikap dan prilaku seorang insan pariwisata yang profesional; memiliki etos kerja serta disiplin yang tinggi.
    5. Wawasan dan ketajaman visi akan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang Perhotelan dan Restoran; seperti teknologi informasi dan komputerisasi yang menunjang berbagai aktivitas dalam industri perhotelan dan Restoran.
    6. Kemampuan berpikir kritis dan melakukan problem solving.
    7. Kemampuan untuk berkomunikasi dan beradaptasi.
    8. Kepekaan terhadap aspek ekonomi, bisnis dan kehidupan bermasyarakat.
    9. Pengembangan karakter, spiritualitas dan kepemimpinan. 
  2. Kompetensi Pendukung lulusan:
    1. Berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya seperti: Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang dan Bahasa Perancis.
    2. Kompetensi dalam menggunakan teknologi informasi yang tercanggih.
    3. Kompetensi dalam menyelenggarakan dan mengatur persiapan acara, baik skala besar maupun skala kecil; terutama yang terkait dengan bidang MICE.
  3. Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan  
    1. Kompetensi untuk menjadi pendidik dalam bidang ilmu perhotelan dan pariwisata.
    2. Kompetensi untuk melakukan penelitian dalam bidang ilmu dan teknologi yang terkait dengan bidang pariwisata, khususnya Manajemen Perhotelan.
    3. Kompetensi di bidang wirausaha / entrepreneur; khususnya kemampuan berwirausaha dalam mengelola bisnis yang terkait dengan perhotelan maupun usaha jasa lainnya.

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:

  1. Pengelola usaha bidang makanan dan minuman
  2. Analis Produk
  3. Mixologis
  4. Wirausaha bidang makanan dan minuman

Profil Alumni

  1. Edward Pangkerego (Chief Operating Officer Artotel Indonesia)
  2. Stephen Rantung (General Manager ATA Corporation Indonesia)
  3. Hartoto (Vice President Aerowisata)

D3 - Manajemen Tata Boga (MTB)

Tujuan Pendidikan :  untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian pengolahan makanan.
Profil Lulusan : Chef de Party / Food Supervisor
Akreditasi - A | Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 120 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Deskripsi Prodi

Program Studi dalam bidang pengolahan makanan yang menghasilkan lulusan tenaga profesional di bidang Tata Boga, bermutu handal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha atau industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, serta menghasilkan lulusan yang memiliki kopetensi sesuai bidangnya agar berkompetisi di era global

Visi

Menghasilkan lulusan bidang Tata Boga bertaraf Internasional

Misi

  1. Mengembangkan kurikulum berdasarkan kultur industri kuliner
  2. Meningkatkan isi pembelajaran berdasarkan studi penelusuran
  3. Mengembangkan teknologi pendidikan
  4. Optimalisasi penggunaan anggaran

Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran

Mampu merancang, merencanakan, membuat, mempresentasikan, dan menyimpan produk masakan nusantara, oriental, dan kontinental sesuai dengan standar resep yang berlaku, standar kualitas produk, standar kebersihan makanan (Food Hygiene), memenuhi nilai estetika, dan denga menerapkan K3 di lingkungan kerja. Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, teknik, dan metoda teknologi pengolahan pangan ( food processing technology ), khususnya untuk pengolahan masakan. Menguasai konsep teoritis secara umum fungsi manajemen perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian dalam pengolahan masakan.

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai: 

  1. Chef de Party (Supervisor)
  2. Instruktur Bidang Tata Boga
  3. Food Demonstrator

Kompetensi

  • Membuat, mengembangkan dan menciptakan makanan serta mengaplikasikannya kedalam berbagai bentuk penyajian makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip pengawasan pada bidang produksi makanan 
  • Menciptakan gagasan-gagasan Inovatif
  • Mengaplikasikan metode investasi di bidang pengolahan makanan
  • Menyusun anggaran oprasional dalam bidang pengolahan makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip penentuan harga jual makanan dan minuman
  • Menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia dalam bidang pengolahan makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dalam penjualan makanan dan minuman

Profil Alumni

  1. Tony Eka Saputra (Executive Chef Hotel Hilton)
  2. Chandra Yudasswara (Chef Table NET TV & Celebrity Chef dan Pengusaha Kuliner)
  3. Mandif Warokka (Chef Blanco par Mandif & Pengusaha Kuliner)

D3 - Manajemen Patiseri (MPI)

Tujuan Program: Setelah menyelesaikan Program Pendidikan ini, lulusan memiliki kompetensi Pengelolaan dalam bidang pastry dan bakery.
Akreditasi - A | Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 120 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Deskripsi Prodi

Program Studi Manajemen Patiseri bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bekerja dan beradaptasi, terampil melakukan perencanaan, operasional serta pengendalian pengolahan produk pastry dan bakery dan menciptakan peluang berwirausaha maupun berkarya pada bidang usaha pastry dan bakery secara professional dan mandiri.

Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran

Mampu merancang, membuat dan mempresentasikan/pengemasan produk secara kreatif dan inovatif dengan teliti, akurat  serta cermat dengan menerapkan prinsip-prinsip melalui pemilihan peralatan, bahan baku, kebutuhan tenaga kerja dan perhitungan biaya, penggunaan energy yang tepat dengan memperhatikan optimasi, kesehatan dan keselamatan pangan dan kerja, estetika dan ramah lingkungan di bidang pastry dan bakery.

Visi

Menjadi program studi unggulan yang menghasilkan tenaga profesional dan memiliki keunggulan kompetitif di bidang Pastry & Bakery yang sesuai dengan kebutuhan standar industri pariwisata di tingkat Internasional.

Misi

Menyelenggarakan program pendidikan yang dapat menghasilkan tenaga profesional di dunia industri bidang patiseri yang bermutu dengan keterampilan dan teknologi serta mempunyai networking yang luas agar mampu berkompetisi di era globalisasi.

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:

  1. Pengelola Operasional Bakery, Pastry, Confectionery (Chocolate & Candy)
  2. Chef de Partie, Commis Pastry, Baker
  3. Baking & Pastry Analysis and Creator
  4. Baking & Pastry Stylist
  5. Wirausaha Bidang Pastry dan Bakery 

Kompetensi Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan memiliki kompetensi:

  1. mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme;
  2. menerapkan nilai, sikap dan etika profesi;
  3. menangani persiapan dalam pengelolaan aneka patiseri dan roti;
  4. membuat aneka hiasan kue dan menghias aneka kue;
  5. menangani penyimpanan komoditi patiseri;
  6. menyiapkan dan melaksanakan pelayanan di pastry counter;
  7. menata dan mengatur hidangan penutup;
  8. menata dan mengatur makanan untuk event
  9. menangani administrasi patiseri;
  10. melaksanaan dan pengawasan dan pembinaan pada bagian patiseri;
  11. menganalisis hasil penjalan produk;
  12. melaksanakan dan mengaplikasikan hygiene, sanitasi dan keselamatan kerja;
  13. berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja di bidang patiseri;
  14. berkomunikasi dalam Bahasa Inggris; dan
  15. berkomunikasi dalam bahasa asing lainnya

Profil Alumi

  1. Ermey Triniarty  (Pemilik Dapur Chocolate Jakarta)
  2. Deden Putra (Executive Pastry Chef Waldorf Astoria Beverly Hills Hotel USA)
  3. Kemal Arief (Pemilik Tiramisu and Cofee T&CBandung)

 

Jurusan PERJALANAN

S1 - Studi Industri Perjalanan (SIP)

Program Strata-1 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan deseminasi dibidang Industri Perjalanan dengan segala implikasinya.

Profil Lulusan

Peneliti, Akademisi, Birokrat, Teknokrat dan Konsultan dalam bidang Industri Perjalanan

Akreditasi - A | Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 145 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)  

Tujuan

  • Mengembangkan pariwisata sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan.
  • Mengembangkan program pendidikan S-1 yang memiliki kekhasan kajian dan kompetensi cabang organisasi perjalanan yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjawab kebutuhan pasar.

Sasaran

  • Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang organisasi perjalanan dalam konteks industri perjalanan wisata.
  • Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan pengelolaan poduk wisata & pelayanan, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk pariwisata, dan tata kelola operasi kepariwisataan dalam pembangunan pariwisata (tingkat lokal, regional dan nasional) dengan mengacu pada konsep pembangunan berkelanjutan di industri perjalanan.
  • Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan pariwisata yang bersifat dinamis dan multi dimensi di industri perjalanan.
  • Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan pariwisata melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.

Kompetensi

  • Bertindak dan berprilaku sesuai dengan nilai dan etika bangsa indonesia.
  • Memiliki kemampuan berfikir kritis dalam menemukenali permasalahan di industri perjalanan wisata.
  • Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang pariwisata khususnya Industri Perjalanan Wisata.
  • Memiliki kemampuan menelaah filsafat ilmu pariwisata, khususnya industri perjalanan wisata. 
  • Memiliki kemampuan menguraikan sistem industri perjalanan wisata.
  • Memiliki kemampuan memecahkan permasalahan di industri perjalanan wisata melalui analisis kreatif.
  • Memiliki kemampuan menerapkan nilai-nilai organisasi industri perjalanan wisata
  • Memiliki kemampuan bertindak dan berprilaku sesuai etika bisnis industri perjalanan wisata.
  • Memiliki kemampuan menyusun konsepsi strategis Industri Perjalanan Wisata.
  • Memiliki kemampuan merencanakan, menyusun, dan memantau pelaksanaan yang terkait dengan kebijakan bidang Industri Perjalanan Wisata.
  • Memiliki kemampuan mengevaluasi aspek pengelolaan dan tata kerja Industri Perjalanan Wisata. 
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa asing.

 

D4 - Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP)

Program Studi Pertama mendapatkan  Akreditasi BAN-PT - A | Waktu Studi : 8 Semester (4 ahun) | Beban Studi : 149 SKS | Akreditasi : BAN PT (A), UNWTO Tedqual, ISO, | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.Tr.Par)

 

Deskripsi Manajemen Bisnis Perjalanan

Program studi manajemen Bisnis Perjalanan adalah Program studi D-IV untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha pada bagian retail perjalanan wisata serta memiliki tujuan menghasilkan pimpinan puncak pada usaha biro perjalanan wisata.

Program studi manajemen Bisnis Perjalanan adalah Program studi D-IV Untuk menghasilkan siswa yang memiliki kualitas dan daya saing internasional pada bisnis perjalanan dan dapat menjadi aset nasional yang berkualitas.

 

Visi

Menjadikan Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan sebagai program studi unggulan dan berdaya saing Internasional yang berkepribadian Indonesia.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bisnis perjalanan untuk menghasilkan sumber daya unggulan, berkualitas, kompetitif, menguasai pengetahuan, keterampilan dan memiliki karakter,sikap serta prilaku yang diperlukan untuk mengelola usaha jasa perjalanan dan bidang usaha terkait
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan untuk menemukan, mengembangkan dan menguji pengetahuan bisnis perjalanan dan bidang usaha terkait
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat

 

Tujuan Program

Setelah menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Manajemen Bisnis Pelajaran, mahasiswa mampu mengelola usaha jasa di bidang bisnis perjalanan (Biro Perjalanan Wisata,  Tour Operator, Perusahaan Penerbangan, Perusahaan Kargo dan  Kapal Pesiar).

  1. Sasaran
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konsepsi di bidang bisnis perjalanan sebagai Travel Manager, Travel Consultant, Airline Office manager, Airport station Manager, Accountant Travel Manager, Ticketing Manager, Reservation Manager, Cargo Manager, Transport Manager. (Kaum Profesional di bidang Travel Agent, Airlines, Cargo dan Transport)
  3. Menyelenggarakan Program :
  • Pembelajaran di dalam kelas (Teori & Praktek)
  • Penyelenggara Kegiatan Travel Mart yang bertaraf International (International Buyer)
  • Studi Lapangan (Field Trip) Dalam Negeri (Sumatera - jawa dan Bali) dan Luar Negeri (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam , Hongkong, Macau)
  • Studi Laboratorium
  • Ceramah Tamu
  • Business Workshop
  • Orientasi kerja di Industri (POK) dan Praktek Kerja Nyata (PKN)
  • Pengembangan kompetensi dosen dan tenaga pengajar.

 

Kompetensi Lulusan

Setelah menyelesaikan program ini mahasiswa mampu :

  1. Mampu Mampu menginkorporasi kebutuhan wisatawan dalam melakukan perjalanan Wisata
  2. Mampu Berwirausaha di bidang perjalanan Wisata baik lingkup Kecil – Menegah dan Perusahaan Besar
  3. Mengelola kebijakan usaha  jasa di bidang bisnis perjalanan
  4. Mengelola  keuangan usaha jasa di bidang  perjalanan
  5. Menyusun investasi keuangan usaha jasa di bidang bisnis perjalanan
  6. Melakukan analisis investasi keuangan usaha jasa pariwisata di bidang bisnis perjalanan.
  7. Menyusuri pengembangan diversifikasi produk wisata yang berbasis bisnis stratejik.
  8. Membuat  model/pola perjalanan bisnis dan perjalanan wisata yang berbasis bisnis stratejik
  9. Membuat perencanaan bisnis usaha jasa di bidang bisnis perjalanan.
  10. Melakukan negosiasi bisnis usaha jasa di bidang bisnis perjalanan.
  11. Membuat kontrak bisnis  Usaha jasa dibidang bisnis perjalanan.
  12. Mengelola pemasaran usaha & Jasa di bidang  bisnis perjalanan
  13. Melakukan analisis perilaku konsumen usaha jasa di bidang bisnis perjalanan
  14. Mengelola sumber daya usaha jasa di bidang perjalanan.
  15. Mengelola  sumber daya manusia usaha jasa di bidang bisnis perjalanan.
  16. Mengelola penyelenggaraan perjalanan wisata.
  17. Mengelola penyelenggaraan perjalanan bisnis.
  18. Melaksanakan analisis proyeksi investasi dan biaya usaha jasa di bidang bisnis  perjalanan.
  19. Mengelola sistem informasi usaha jasa di bidang bisnis perjalanan.
  20. Mengelola program jaringan komunikasi usaha jasa di bidang bisnis perjalanan.
  21. Berkomunikasi dalam  bahasa inggris dan bahasa asing pilihan lainnya.

 

Profil Lulusan

  1. Travel Manager
  2. Travel Consultant
  3. Airline Office Manager
  4. Airport Station Manager
  5. Travel Accountant
  6. Ticketing Manager
  7. Reservation Manager
  8. Cargo Manager
  9. Transport Manager

 

Profil Alumni

  1. Teuku Mulizar Akbar – Owner Travelplan Indonesia
  2. Agustinus Setiawan – Owner Viva Wisata Indonesia
  3. Ian Alexandro Maua – Branch Manager Panorama Tour Jakarta

 

Capaian Pembelajaran

Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  11. Menunjukkan sikap terpercaya (berintegritas), responsif, professional sesuai dengan Global Code of Ethic of Tourism, dan berkepribadian Indonesia.

 

Kemampuan Kerja Umum

  1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif , bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni;
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Kemampuan Kerja Khusus

  1. Mampu menginkorporasi kebutuhan wisatawan dalam berwisata yang mementingkan keragaman sosial budaya, kebutuhan khusus dan standar etika turisme global
  2. Mampu menghasilkan portofolio potensi dan kecenderungan pasar UPW yang menunjukkan nilai pasar yang menjanjikan berdasarkan analisis faktor-faktor yang penting dalam menganalisis potensi dan kecenderungan pasar usaha perjalanan wisata (UPW) minimal meliputi:
    1. Aturan dan isu keamanan yang berpengaruh dalam perjalanan wisata domestic dan internasional;
    2. Aturan-aturan dan panduan menyangkut keimigrasian;
    3. Aturan dan panduan menyangkut moda transportasi;
    4. Destinasi pariwisata dan aspek geografis;
    5. Perilaku dan profil wisatawan, termasuk wisatawan berkebutuhan khusus;
    6. Sumber daya transportasi, akomodasi, fasilitas makan minum, dan fasilitas cindera mata dari aspek keterjangkauan, harga dan ketersediaan akses;
    7. Waktu dan musim; dan
    8. Informasi  (tercetak maupun media online) mengenai produk dan layanan usaha perjalanan wisata.
  3. Mampu merancang dan merencanakan berbagai produk UPW (paket wisata luar negeri, paket wisatawan asing dari luar negeri, paket domestik dengan spesialisasi minat khusus, paket wisatawan dengan kebutuhan khusus)  berdasar pada hasil butir 1 dan 2 serta kebutuhan wisatawan sebagai pertimbangan utama, meliputi kemampuan:
    1. mengidentifikasi dan menjalin kerja sama dengan penyedia jasa UPW (atraksi, akomodasi, transportasi, fasilitas wisata dan pelayanan lainnya);
    2. menghitung harga paket UPW, menetapkan saluran distribusi dan bentuk promosi.
  4. Mampu memasarkan produk UPW berbasis metode pemasaran (minimal korespondensi, presentasi, dan personal selling) dengan menggunakan komunikasi bisnis persuasif dalam:
    1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar;
    2. minimal satu bahasa internasional atau bahasa asing lainnya yang setara dengan kemampuan berbahasa tingkat intermediate;
  5. Mampu merancang media promosi yang akan dipergunakan dalam menjual produk UPW, menetapkan saluran distribusi produk perjalanan wisata yang dihasilkan dan melaksanakan teknik penjualan secara langsung.
  6. Mampu merancang sistem penanggulangan resiko UPW dan alternatif penanganan resiko tersebut.
  7. Mampu memberikan nilai tambah pada sistem  operasi berbagai jenis UPW meliputi kemampuan:
    1. menangani konflik, stres, dan keluhan yang muncul dalam pelaksanaan kegiatan dan mencari solusi yang terbaik bagi pihak-pihak yang terkait.
    2. mengelola keuangan menggunakan sistem akuntasi yang bersifat umum;
    3. mengelola SDM, aset dan logistik UPW yang dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja bisnis UPW;
    4. membuat laporan tertulis yang mencakup proses pra tour, saat tour, maupun paska tour sesuai dengan SOP atau kerangka acuan kerja yang berlaku;
    5. melakukan evaluasi diri dalam meningkatkan keberlanjutan kegiatan operasional UPW.
  8. Mampu berwirausaha di bidang UPW pada lingkup usaha kecil-menengah, meliputi kemampuan:
    1. membaca peluang pasar;
    2. menghitung biaya produksi dan kelabaan, serta menyusun rancangan anggaran biaya;
    3. memperoleh modal kerja;
    4. mengoperasikan bisnis UPW dengan prinsip efisiensi dan efektivitas;
    5. melakukan evaluasi diri dalam meningkatkan keberlanjutan bisnis UPW.

 

Penguasaan Pengetahuan

  1. Dalam menyusun rancangan, mengelola dan membangun bisnis baru UPW, lulusan wajib menguasai pengetahuan fundamental sebagai berikut:
    1. Menguasai secara umum  konsep teoretis pariwisata.
    2. Menguasai  wawasan dan pengetahuan faktual tentang budaya lokal di Indonesia dan Budaya Bangsa lain yang menjadi pangsa pasarnya
    3. Menguasai wawasan dan pengetahuan faktual tentang teknologi informasi dan teknik aplikasinya pada usaha perjalanan
    4. Menguasai pengetahuan faktual mengenai:
      1. Aturan dan isu keamanan yang berpengaruh dalam perjalanan wisata domestik dan internasional
      2. Aturan-aturan dan panduan menyangkut keimigrasian
      3. Destinasi pariwisata dan aspek geografis
      4. Sumber daya transportasi, akomodasi, fasilitas makan minum, dan fasilitas cindera mata dari aspek keterjangkauan, harga dan ketersediaan akses.
      5. Waktu dan musim
      6. Informasi  (tercetak maupun media online) mengenai produk dan layanan usaha perjalanan wisata
  2. Dalam bidang penyusunan rancangan UPW, lulusan wajib menguasai pengetahuan spesifik sebagai berikut;
    1. Menguasai secara mendalam konsep teoretis perilaku konsumen (consumer behaviour theoretical concept),
    2. Menguasai secara mendalam konsep hospitalitas,  perjalanan wisata (atraksi, akomodasi, transportasi, fasilitas wisata, dokumen perjalanan) dan pelayanan prim
    3. Menguasai konsep, prinsip, metode, dan teknik pembuatan  produk perjalanan wisata, presentasi, promosi,  negosiasi dan kerja sama usaha
  3. Dalam bidang pengelolaan UPW, lulusan wajib menguasai pengetahuan spesifik sebagai berikut:
    1. Menguasai secara umum manajemen penanggulangan resiko usaha perjalanan wisata, resolusi konflik, penanganan stress dan keluhan.
    2. Menguasai metode dan teknik analisis laporan dan rasio keuangan minimal tingkat pengembalian investasi (ROI), nilai bersih sekarang (NPV), nilai bersih yang akan datang (FV) dan tingkat pengembalian investasi (IRR)
    3. Menguasai metode dan teknik analisis laporan dan rasio keuangan
    4. Menguasai konsep manajemen SDM dalam bidang  peningkatan kualitas kinerja.
    5. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik membangun kerja sama tim lintas organisasi dan lintas  budaya.
    6. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik komunikasi persuasif baik lisan dan tulisan dengan pelanggan, menggunakan Bahasa Indonesia, minimal satu bahasa internasional atau minimal satu bahasa asing lainnya
  4. Dalam bidang membangun bisnis baru UPW, lulusan wajib menguasai pengetahuan spesifik sebagai berikut:
    1. Menguasai konsep teoritis kewirausahaan dan prinsip bisnis yang berkelanjutan (green business).
    2. Menguasai konsep teoritis bauran pemasaran dan bauran penjualan.
    3. Menguasai prinsip dan metode presentasi, negosiasi, dan penjualan produk usaha perjalanan wisata.
    4. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik:
      1. studi kelayakan usaha perjalanan wisata dengan menggunakan analisis biaya dan manfaat (cost benefit analysis); dan
      2. penganggaran sederhana.

 

D4 - Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP)

Tujuan Pendidikan

Program Studi Manajemen Pengaturan Perjalanan adalah Program Studi yang menghasilkan para professional di bidang perjalanan wisata (tour).

Akreditasi - A | Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 144-160 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).

Profil Lulusan

  • Tour Manager
  • Tourist Guide
  • Tour Leader
  • Tour Operation
  • Tour Consultant / Tour Planner.

Mahasiswa/I akan belajar bagaimana cara merencanakan, menyusun dan melaksanakan sebuah program perjalanan wisata (tour) baik tour domestik, mendatangkan wisatawan mancanegara (inbound tour), maupun wisatawan domestik ke luar negeri (outbound tour) secara professional. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar bagaimana berinovasi untuk menghasilkan produk perjalanan wisata (tour) yang kreatif dan unik termasuk di dalamnya adalah perjalanan wisata minat khusus (special interest tour).

Mahasiswa/I akan belajar pula untuk menjadi seorang pemandu wisata (tour guide) untuk paket perjalanan wisata di dalam negeri, maupun pemimpin perjalanan wisata (tour leader) baik dalam maupun luar negeri secara professional.

Materi yang disampaikan di Program Studi Manajemen Pengaturan Perjalanan Wisata sejalan dengan perkembangan industri serta Standar ASEAN Common Competency Standard for Tourism Professional dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam menghadapi MRA (Mutual Recognition Agreement).

Program pembelajaran Program Studi Manajemen Pengaturan Perjalanan Wisata memiliki bobot praktek yang lebih besar sehingga bisa meningkatkan pengalaman kerja mahasiswa. Bentuk praktek tersebut antara lain: praktek lapangan yang dikelola mandiri ke berbagai destinasi wisata domestik seperti Jakarta, Baduy, Cirebon, Pangandaran, Jogjakarta, Bali, maupun destinasi wisata luar negeri untuk mengasah kemampuan interpretasi (Tour Guide) maupun kepemimpinan dalam pelaksanaan sebuah perjalanan wisata (Tour Leader), berwirausaha dalam membuat dan menjual sebuah paket wisata (Tour Operation, Tour Planner) dalam program Ekspose Interpretasi.

Mahasiswa juga akan menjalankan program Praktek Kerja Nyata selama enam (6) bulan di industri, mahasiswa/I ditempatkan di berbagai perusahaan yang terkemuka seperti: Golden Rama, Panorama, Kuoni, Bayu Buana, Skyhub, Red apple dan perusahaan pengelola paket perjalanan wisata minat khusus.

 

D4 - Manajemen Bisnis Konvensi & Event (MBK)

Akreditasi - A | Waktu Studi : 8 Semester (4 tahun) | Beban Studi : 144 SKS | Akreditasi : BAN PT (B), UNWTO Tedqual, ISO, Asia Pacific Institute of Event Management | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.tr.Par)

 

Deskripsi Prodi

Merupakan Program Studi yang fokus mempelajari mengenai Event Management. Program Studi ini telah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di dalam perencanaan dan pengelolaan sebuah event serta pengelolaan usaha yang terkait di bidang event, mulai dari skala Lokal, Nasional hingga Internasional. 

Para mahasiswa akan belajar dan praktek secara langsung bagaimana caranya membuat sebuah perencanaan event, yang meliputi, Perencanaan ide & konsep program/acara, Perencanaan promosi melalui berbagai usaha media, Perencanaan keuangan event, Perencanaan sumber daya pendukung, serta Perencanaan resiko. Selain itu mahasiswa juga akan praktek secara langsung mengenai pengelolaan kegiatan operasional sebuah event, seperti Mengatur jalannya acara; Memilih supplier, Membuat kontrak, Manajemen Konser, Talent/artist management, hingga Sponsorship. Serta bagaimana mengelola sebuah perusahaan yang bergerak di industri event.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Program Studi ini merancang dan menerapkan kurikulum yang diambil dari EMBOK (Event Management Body of Knowledge), dimana EMBOK ini merupakan pohon ilmu telah dipakai oleh mayoritas Program Studi Event Management yang ada di dunia serta telah diakui dan disepakati oleh para pakar/ahli Event Management yang ada diseluruh dunia.

Kurikulum Program Studi juga sudah terintegrasi dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang dapat dijadikan bekal mahasiswa/i untuk memasuki dunia kerja. Selain itu kurikulum Program Studi juga telah diakui secara International oleh APIEM (Asia Pasific Institute for Event Management), diakreditasi oleh BAN-PT, UNWTO Tedqual (United Nation-World Tourism Organization) serta ISO 9008:2008.

Metode pembelajaran yang akan diberikan kepada mahasiswa bersifat dinamis dengan memberikan pengetahuan teori terkini mengenai konsep-konsep umum di bidang pariwisata dan event, serta dilengkapi dengan berbagai kegiatan praktek yang akan mengasah softskill dan hardskill mahasiswa/i., seperti Studi Lapangan dengan berbagai tema dengang lokus dalam & luar negeri, Guest Lecture (Ceramah Tamu) dari berbagai narasumber pakar/ahli dibidang event baik Nasional maupun International, membuat dan mengelola event secara mandiri yang didasari oleh kreatifitas dan inovasi mahasiswa/i hingga ke pengalaman berpartisipasi mengikuti bermacam jenis event, baik diselenggarakan oleh internal Program Studi dan STPB hingga ke event-event Internasional yang diselenggarakan oleh para PCO-Professional Conference Organizer/PEO-Professional Exhibition Organizer/EO-Event Organizer yang menjadi partner setia Program Studi.

Semua metode tadi bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa yang kuat untuk bekerja di Industri Event Nasional hingga Internasional, maupun berwirausaha.

 

Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran

Mahasiswa mampu untuk menguasai pengetahuan yang meliputi konsep pengelolaan event (event management) secara mendalam, disertai dengan keterampilan khusus untuk menghasilkan sebuah konsep event,  mengidentifikasi dan menganalisis potensi pasar untuk menghasilkan portofolio peluang pasar pelaksanaan sebuah event, mampu merencanakan sistem pelaksanaan event yang efisien dan efektif, mampu mencegah dan meminimalisir resiko, mampu mengevaluasi kinerja operasional dan kualitas layanan selama proses event berlangsung, mampu menjaga hubungan dengan klien, serta dapat bekerja secara mandiri maupun didalam sebuah tim.

Profil Lulusan

  1. Event Organizer (EO)
  2. Event Manager
  3. Profesional Conference Organizer (PCO)
  4. Conference Manager
  5. Profesional Exhibition Organizer (PEO)
  6. Exhibition Manager
  7. Wedding Organizer/Planner
  8. Meeting Planner

Profil Alumni

  • Dery Nugraha Arianto, Assistant Manager Divisi Asosiasi Pacto Convex
  • Imbang Dwi Nugraha, Assistant Manager Business Development Pacto Convex
  • E. Jan Surya Rama, Project Officer Divisi Asosiasi Pacto Convex
  • Rizki Ramadhan, Junior Project Manager Dyandra Promosindo
  • Kelly Meri Lopinta, H. Senior Project Manager Napindo Media Ashatama
  • Indry Desty Y, Junior Project Manager City Neon
  • Wieke Nastiti, Junior Project Manager Samudra Dyan Praga

 

 

PASCASARJANA

S2 - Pascasarjana

Status Akademik
Berstatus negeri dan lulusannya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan Doktoral (S-3)
 
Penyelenggaraan Akademik
Perkuliahan 4 (empat) semester, termasuk penulisan tesis
Program Pascasarjana Pariwisata didukung dosen akademik (profesor) yang berkompeten, dan dosen profesional yang telah memiliki penguasaan tinggi terhadap pariwisata, bisnis hotel dan bisnis perjalanan.
 
Metode Perkuliahan
dirancang untuk mengembangkan kompetensi spesifik, melalui metode kuliah tatap muka, sindikasi kasus, dan program orientasi lapangan,
yang didukung laboratorium spesifik kepariwisataan yaitu Lab. manajemen Perhotelan,
Lab. Manajemen Industri Perjalanan Pariwisata,
Lab. Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata dan
Lab. Alam Pariwisata.
 
Kerjasama
dengan lembaga pendidikan luar negeri :
- Bournemouth University, UK
- Southern Cross University, Australia
- Universite de la Rochelle, France
 
Kurikulum
INTI
(semester I
Manajemen Strategik, Ekonomi Manajerial, Akuntansi Manajerial,
Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Metodologi Kuantitatif

FUNGSIONAL
(semester II) 
Kebijakan Pengembangan Pariwisata, Manajemen Kualitas Pelayanan Pariwisata,
Sistem Informasi Manajemen Pariwisata, Inovasi & Kewirausahaan dibidang kepariwisataan,
Metodologi Riset, Tourism Journal.