PETUNJUK TEKNIS UJIAN SELEKSI MANDIRI MASUK STP BANDUNG

A.   Umum

      I.     Pendahuluan

Sehubungan dengan adanya kebijakan Pemerintah mengenai  Physical  Distancing dengan pemberlakuan PSBB di beberapa daerah untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), maka dengan ini Panitia Seleksi Mandiri Masuk Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (SMM STPB) 2020/2021memutuskan untuk merubah sistem seleksi yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Ujian seleksi tetap dilaksanakan terdiri menjadi 2 (dua) tahap, yaitu seleksi Tahap-1 dan seleksi Tahap-2.

Dokumen ini merupakan Pedoman atas perubahan SISTEM SELEKSI SMM STPB 2020/2021.

     II.     Persyaratan dan Ketentuan

Persyaratan Peserta Seleksi Tahap-1:

  • Telah Mempunyai Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU)

Persyaratan Peserta Seleksi Tahap-2:

  • Perserta DINYATAKAN LULUS pada Seleksi Tahap-1.

   III.     Jenis Seleksi dan Perubahannya

1)     Seleksi Tahap 1 :

  • Tes Tulis Bahasa Inggris, berubah menjadi pengumpulan Portofolio Rapor mulai dari Semester 1 sampai dengan Semester 5, teknis mengenai penyerahan Portofoio Rapor dapat dilihat pada bagian Petunjuk Teknis
  • Tes Tulis Psikotes, berubah menjadi Tes Online Psikotes, teknis mengenai pelaksanaan tes online dapat dilihat pada bagian Petunjuk Teknis

2)     Seleksi Tahap 2 :

  • Pemeriksaan Kesehatan (dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing peserta) yang wajib dilaksanakan pada Rumah Sakit minimal Tipe – C atau Laboratorium Pemerintah / Swasta. Formulir Pemeriksaan Kesehatan dapat dicetak dari bagian E. Dokumen Pendukung,
  • Tes Lisan Wawancara, diubah menjadi membuat dan mengirimkan video Informasi diri, dengan konten / isi yang ditentukan oleh Panitia, mengenai ketentuan pembuatan dan pengiriman video diri dapat dilihat pada bagian Petunjuk Teknis

B.   Pelaksanaan Tes Seleksi & Pengumuman Hasil Seleksi

Seleksi dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap, yaitu :

  1. Tahap 1 : Pengiriman Portofolio Rapor dan Tes Online Psikotes
  2. Tahap 2 : Bagi yang lulus Tahap-1 dilanjutkan dengan Pengumpulan Hasil Pemeriksaan Kesehatan dan Pembuatan Video Informasi

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 dan Tahap 2 dapat dilihat pada website resmi SMM STPBhttp://pmb.stp-bandung.ac.id 

C.    Jadwal Pelaksanaan

Jadwal Pelaksanaan seleksi adalah sebagai berikut : 

1)     Seleksi Tahap-1

  1. Pengiriman / Upload Rapor : 6 Juli sd 9 Juli 2020.
  2. Test Online Psikotes : 7 Juli 2020.

Perhatikan Petunjuk Teknis Test Online Psikotes pada bagian D. Petunjuk Teknis 

2)     Seleksi Tahap-2

  1. Pengiriman / Upload Hasil Pemeriksaan Kesehatan :  16 Juli sd 20 Juni 2020.
  2. Pengiriman Video Hasil Informasi Diri :  16 Juli sd 20 Juni

Kondisi terkini mengenai jadwal Pelaksanaan Tes Seleksi dapat dilihat pada website resmi SMM STPB, pada menu ”JADWAL”

 

D.   Petunjuk Teknis

      I.     Juknis Test Online Psikotes

Psikotes merupakan rangkaian Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SMMPTNP) STP NHI Bandung 2020 yang akan dilaksanakan secara online dengan jumlah peserta 2500-3000 orang.

1)     Jadwal Kegiatan

  • Tanggal 6 Juli 2020, peserta akan mendapatkan e-mail dari panitia, yang berisi Link Tes, Username, Password, File Surat Pernyataan dan Link untuk mengupload surat pernyataan. Channel Aplikasi Telegram akan dibuka sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada peserta perihal upload surat pernyataan maupun hal yang berhubungan dengan tes. Jika sampai dengan tgl 6 juli 2020 pukul 12.00 WIB belum menrima email, silahkan periksa folder spam lalu klik kanan pada email SMMPTNP STP BANDUNG dan pilih NOT SPAM atau hubungi panitia.
  • Tanggal 6 Juli 2020, setelah mendapatkan email, peserta sudah dapat mulai mengupload surat pernyataan pada link untuk mengupload surat pernyataan BUKAN pada link tes. Perlu diperhatikan bahwa link tes dan link upload surat pernyataan merupakan link yang berbeda. 
  • Tanggal 7 Juli 2020, persiapan untuk peserta standby 30 menit sebelum tes dimulai. Peserta akan dibagi ke dalam 4 (empat) batch dengan jadwal yang dibagikan melalui e-mail masing-masing peserta.
    • Batch 1 pukul 08.00-10.00 WIB
    • Batch 2 pukul 11.00-13.00 WIB
    • Batch 3 pukul 14.00-16.00 WIB
    • Batch 4 pukul 17.00-19.00 WIB
  • Tanggal 8 Juli 2020, peserta masih dapat mengupload surat pernyataan bagi yang belum sempat melakukannya.

2)     Persiapan dan Pelaksanaan

  • Peserta mendownload file surat pernyataan yang dikirimkan melalui email lalu menuliskan kembali atau mencetak (print) file tersebut dalam kertas HVS disertai dengan tandatangan peserta diatas materai 6.000. Kemudian scan/foto Surat Pernyataan tersebut dan simpan dalam format .jpg/.jpeg/.PNG/.doc/.PDF, (max. size 10MB) dengan nama file: Seleksi_Nama Lengkap. Untuk di upload pada link yang telah kami berikan khusus untuk mengupload surat pernyataan.
  • Peserta tes diharapkan telah mendownload aplikasi Telegram di handphone masing-masing untuk senantiasa menerima update informasi terbaru yang diberikan oleh panitia terkait pelaksanaan Psikotes SMMPTNP STP NHI Bandung 2020. Berikut link Channel telegram Psikotest SMM STPB https://bit.ly/smmptnpbandung
  • Peserta tes harus memastikan spesifikasi pada perangkat elektronik yang akan digunakan untuk tes serta berbagai persiapan teknis lainnya, yakni:
    • Menggunakan laptop/PC (personal computer) (sangat disarankan) atau handphone yang tersambung ke internet.
    • Harus menggunakan browser Mozilla Firefox (updated version) untuk melaksanakan tes baik di laptop/PC maupun di handphone.
    • Laptop atau PC memiliki fasilitas kamera yang berfungsi dan aktif selama proses tes berlangsung.
    • Baterai laptop/PC/Handphone harus dalam keadaan penuh.
    • Jika menggunakan PC, pastikan peserta telah memiliki antisipasi jika terjadi pemadaman listrik di area anda.
    • Laptop/PC/Handphone memiliki koneksi internet dengan kecepatan yang cukup bagus dan stabil.
    • Persiapkan ruangan yang tenang, tidak ada orang lain di dalam satu ruangan, bebas dari gangguan lain (suara tv, ponsel, orang lain, radio, dsb).
    • Tidak menjalankan program lain di laptop atau PC anda selain browser yang digunakan untuk mengikuti tes.
    • Peserta harus masuk ke link dan waktu yang telah ditentukan agar tidak terjadi penumpukan peserta yang dapat menghambat jalannya tes dan mengganggu kerja sistem.
  • Hambatan dan gangguan yang disebabkan karena masalah yang timbul dari perangkat yang peserta tes gunakan akan menjadi tanggungjawab peserta tes itu sendiri. Jika peserta mengalami kendala dalam pelaksanaan tes, peserta dapat mengadukan permasalahan/kendala ke WhatsApp dengan nomor: (NO CALL, CHAT ONLY)
    • 0821 2040 1003  ( untuk peserta server 1 dan 2 )
    • 0821 1764 3561 ( untuk peserta server 3, 4 dan 5 )
  • Pastikan email yang anda cantumkan sudah benar (disarankan menggunakan gmail). Panitia akan memberikan jadwal tes kepada saudara.
  • Peserta tes harus sudah siap (standby) 30 (tiga puluh) menit sebelum waktu tes yang telah ditentukan namun tidak disarankan untuk log in Waktu untuk log in tetap sesuai dengan jadwal yang telah diberikan dengan username dan password serta link tes yang akan dikirimkan pada alamat email masing-masing peserta.
  • Setelah log in di website psikotes, peserta akan dihadapkan dengan instruksi umum yang perlu diperhatikan lalu kemudian peserta akan mengisi identitas diri.
  • Selama tes berlangsung, panitia akan mengawasi peserta melalui kamera. Jika ditengah proses tes, peserta tes dicurigai melakukan kecurangan, maka panitia memiliki kewenangan untuk menegur atau memberikan sanksi bagi peserta tes.
  • Segala bentuk informasi yang diberikan hanya melalui nomor yang tertera diatas atau melalui Aplikasi Channel Telegram. Jika ada informasi diluar nomor diatas bukan tanggung jawab kami.

     II.     Juknis Portofolio Rapor

1)     Persiapan

  • Peserta wajib membuat Surat Pernyataan yang dapat dicetak dari BagianDokumenPendukung.
  • Peserta wajib membuat 1 (satu) file PDFhasil scan Buku Rapor lengkap, dengan isi sebagai berikut :
    • Halaman-1, berisi hasil scan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU)
    • Halaman-2, berisi hasil scan Surat Pernyataan Peserta SILAHKAN DOWNLOAD SURAT PERNYATAAN PESERTA PADA LINK INI -->> https://bit.ly/SuratPernyataanPeserta
    • Halaman-3, berisi foto atau hasil Scan Sertifikat Akreditasi Sekolah Asal
    • Halaman-4 dan seterusnya, berisi hasil Scan Rapor Asli  mulai dari Cover sampai dengan akhir semester 5 (kelas XII ganjil) Full Halaman tanpa potongan (terdapat cap/ tandatangan pihak sekolah)
  • File PDF diberi nama : nomorujian-rapor.pdf

contoh : 111201165-RAPOR.PDF

  • Maksimal ukuran file PDF maksimal 7 MB
  • Peserta wajib mengetahui Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dari sekolah masing-masing

Untuk mengetahui NPSN dapat mengakses link berikut  

https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php.

2)     Upload Rapor

  • Periode Upload : 6 Juli sd 9 juli 2020
  • Peserta melakukan login melalui menu “UPLOAD” pada website Upload Rapor
  • Login dapat dilakukan mulai tanggal 6 Juli 2020
  • Login menggunakan Nomor ujian & Password pendaftaran
  • Lakukan Pengisian Nilai & Upload file pada Tab “RAPOR”
  • Peserta wajib mengisi NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)
  • Peserta wajib mengisi Huruf Akreditasi dan Nilai Akreditasi Sekolah Asal
  • Peserta wajib mengisi Nilai Bhs. Inggris dari :
    • Kelompok Pengetahuan dan
    • Kelompok Keterampilan
  • Peserta wajib meng-upload file PDF sesuai ketentuan
  • Data dapat disimpan jika seluruh kewajiban pengisian telah dilaksanakan
  • Peserta dapat melihat status upload Rapor maksimal 1x24 jam setelah upload dengan cara login kembali 

   III.     Juknis Pemeriksaan Kesehatan

(Bagi yang Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Tahap-1)

1)     Persiapan

  • Peserta wajib mencetak Formulir Pemeriksaan Kesehatan yang terdapat pada bagian Dokumen Pendukung 

    (Surat Pernyataan Rapor / Kesehaan berbeda dengan surat Pernyataan Psikotes).

  • Peserta wajib melaksanakan pemeriksaan kesehatan dengan komponen kesehatan sesuai dengan

2)     Pelaksanaan

  • Periode Pemeriksaan : 16 Juli sd 20 Juli 2020
  • Peserta melakukan pemeriksaan kesehatan masing-masing pada Rumah Sakit Pemerintah minimalKelas-C atau pada Laboratorium Pemerintah / Swasta
  • Hasil Pemeriksaan kesehatan lengkap wajib di-scan dan dibuat 1 (satu) file PDF, dengan diberinama : nomor.ujian-kesehatan.pdf

Contoh : 111201165-KESEHATAN.PDF, yang isinya terdiri dari :

  • Halaman-1, berisi hasil scan  Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU)
  • Halaman-2, berisi hasil scan Surat Pernyataan Peserta, yang sama dengan Surat Pernyataan Portofolio Rapor
  • Halaman-3, berisi hasil scan Formulir Pemeriksaan Kesehatan yang telah diisi dan di cap lembaga pemeriksa SILAHKAN DOWNLOAD FORM KESEHATAN PADA LINK INI -->> https://bit.ly/FormKesehatanSTPB
  • Halaman-4 dan seterusnya berisi hasil scan dari hasil pemeriksaan kesehatan lengkap dari Lembaga Pemeriksa

3)     Upload Hasil pemeriksaan kesehatan

  • Ukuran file PDF maksimal 9 MB 
  • Periode upload : 16 Juli sd 20 Juli 2020
  • Peserta wajib memeriksa kembali isi dari file PDF yang akan di upload bahwa telah sesuai denganketentuan
  • Peserta melakukan login pada link Upload Berkas Kesehatan
  • Login menggunakan Nomor ujian & Password
  • Lakukan entry data / pengisian Hasil Pemeriksaan & Upload file pada “KESEHATAN”
  • Peserta wajib mengisi data-data sesuai form yang tersedia pada aplikasi
  • Peserta wajib mengupload file Hasil Pemeriksaan Kesehatan
  • Data dapat disimpan jika seluruh kewajiban pengisian telah dilaksanakan
  • Peserta disarankan untuk memeriksa Status Upload Rapor dengan cara login kembali pada aplikasi upload dokuemn seleksi

   IV.     Juknis Pembuatan Video Informasi Diri

(Bagi Peserta yang dInyatakan Lulus Seleksi Tahap-1)

1)     Persiapan

  • Video yang dibuat dengan durasi minimal 1 (satu) menit dan maksimal 2 (dua) menit
  • Maksimal besar file Video adalah 250 MB
  • Isi dari video peserta berupa :
    • Perkenalan diri (Nama Lengkap, No. Seleksi, Daerah asal, hobi dll)
    • Minat / motivasi melanjutkan kuliah di STP Bandung
    • Pengetahuan Pariwisata di daerah asal
    • Pemahaman atas program studi yang menjadi Pilihan-1.
    • Cita-cita setelah  Lulus Kuliah
  • Lebih diutamakan dengan menggunakan Bahasa Inggris, Jika tidak minimal 30% Bhs. Inggris dan 70% Bahasa Indonesia 

2)     Pelaksanaan

  • Video dibuat sendiri dengan menggunakan HP / Camera
  • Kualitas Video diatur sesuai batasan maksimum besar file
  • Video disimpan dalam format MP4 atau MPEG
  • Pengambilan video peserta :
    • Menggunakan pakaian bebas & rapih
    • Menampilkan seluruh badan (dalam posisi berdiri) menghadap kamera
    • Suara peserta harus jelas (original), tidak ada penambahan efek
    • Video yang dikirim adalah video asli tanpa editing atau dimodifikasi menggunakan aplikasi

Penyerahan hasil

  • Periode upload : 16 Juli sd 20 Juli 2020
  • Penyerahan hasil dilakukan melalui Aplikasi Telegram, silahkan di install pada masing-masing HP atau melalui Telegram Web.
  • Nomor Telegram untuk penyerahan hasil rakaman video : STP Bandung dikirim ke nomor ( akan di infokan lebih lanjut )

E.    ­­­Dokumen Pendukung

  1. Surat Pernyataan Peserta

Surat Pernyataan pada halaman selanjutnya (hanya mengisi titik-titik dan tandatangan)

  1. Formulir Pemeriksaan Kesehatan

Formulir pada halaman terakhir.

Lampiran :
3 Juli 2020, 15:21:10
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!